Thursday, July 16, 2015

Yang harus di perhatikan ketika membeli action cam (Go pro, YI, Brica dan SjCam)

Yang harus di perhatikan ketika membeli action cam (Go pro, YI, Brica dan SjCam)

Pasti semua orang akan bertanya-tanya apa sih yang harus di perhatikan ketika membeli action cam sejenis Go pro, Brica, Yi, dan Sjcam. Mungkin untuk membeli sebuah kamera lebih baik membeli langsung ke toko nya dari pada harus beli online. Kenapa?

Karena apabila kita membeli online kita tidak tahu apakah barang tersebut benar memang bagus atau cacad produksi, setelah itu kita tidak tahu apakah dalam pengirimannya aman atau terbentur bentur sepanjang jalan sehingga sampai rumah barang serasa cacad dan menyalahkan pihak yang quality controlnya di anggap tidak benar. Itu tidak feer apabila kita beli online tapi menyalahkan pihak QC nya.

Jadi lebih baik membeli langsung saja sehingga bisa di cek di toko apabila ada masalah bisa langsung minta tukar dengan yang baru. Selanjutnya kalo bisa bawa Micro SD atau beli lah langsung di toko tersebut. Mengapa? Karena micro SD ini di butuhkan untuk mengetest foto, rekam dan cek Wifi nya. Apabila di test di toko sudah ok maka semua akan baik-baik saja.

Setelah itu masalah Garansi, karena walaupun merek sebesar go pro pun belum tentu memberikan garansi yang baik. Saya banyak baca di grup banyak yang garansi ke singapur dari pada di Indonesia karena disana garansinya bagus. Jadi carilah garansi internasional. Apabila anda membeli merek SJ dan YI itu artinya anda harus siap apabila barang bermsalah hanya mendapatkan garansi Toko saja dan apabila rusak dengan cepat anda harus siap karena anda membeli barang yang tanpa memiliki garansi resmi. Untuk merek Tetangga si Brica ini ada garansi resmi dari brica tapi jangan karena ada garansi anda membeli dengan tidak di coba maka apabila bermasalah anda harus siap menunggu garansi nya yang bisa sampai berminggu-minggu.

Setelah saya membicarakan masalah garansi sekarang saya akan membicarakan penyakit-penyakit yang suka timbul di action cam yang harus di perhatikan saat membeli di awal :

Go Pro :

Barang ini tergolong jarang ada masalah karena QC dia sangat bagus sehingga cukup cek pada Wifi, foto dan rekam saja. untuk merek ini sudah OK jarang yang bermasalah akan produk ini. mungkin apabila kalian punya bajed besar ini yang ok lah.

Yi cam :

Barang ini belum lama keluar sehingga masih belum optimal biasa penyakit pada yi cam ini adalah masalah focus. Dimana banyak kamera yang tidak focus sehingga harus di putar lensa cameranya sehingga focus. Untuk camera ini cukup di cek wifi, rekam, foto dan focus nya. Karena mounting dan WP nya di jual terpisah jadi hati-hati untuk membelinya karena banyak versi murahnya dan cek lagi WP nya di kamar mandi apakah rembes atau tidak. Terahir adalah hati2 dalam update software karena belum optimal maka yi selalu mengeluarkan update terus yang apabila gagal bisa membuat mati total.

SJcam :

SJcam ini sudah besar namanya dari awal , karena ini go pro killer pertama sehingga untuk barangnya sudah cukup bagus. Yang harus di perhatikan adalah banyak barang palsu yang namanya SJ.. saat ini SJcam baru sampai Sj5000+ apabila menemukan SJ6000 itu tiruannya dan cek lagi SJcam selalu ada logonya SJCAM yang original. Karena jika tidak original pasti akan mati total ketika di update software. Jarang terjadi masalah hanya saja ini sama seperti YI yag belum begitu optimal sehingga masih sering keluar update software terbaru terus. Sehingga penyakitnya banyak yang gagal pada saat update software.

Brica :

Brica ini cukup sudah lama main di camera tetapi belum lama ini dia baru mengeluarkan action camera. Jadi untuk pertama yang harus di cek adalah wifi, foto dan rekam. Biasa penyakit brica ini ada pada waterproof case yang suka bocor. Jadi sampai rumah cek kembali WP casenya di kamar mandi. Terahir sih bulan juni kemarin pihak brica sudah katakan bahwa WP casenya sudah di perbaiki untuk pembelian bulan Juni ke atas. Tetapi kita tidak tahu apakah yang kita beli barang baru datang atau barang stock lama di toko-toko lain. Jadi tetap harus di cek lagi.

Sekian cerita saya hari ini, kenapa saya bisa menceritakan ini semua di blog saya? Karena saya sudah pernah coba go pro Hero 3+ BE, bpro 5 AE, Sj4000 dan Yi camera. Sehingga saya bisa berbagi informasi tentang action cam yang pernah saya coba. Jadi saya menulis ini berdasarkan pengalaman saya bukan dari baca artikel lain ataupun copy paste tulisan orang. Mungkin ini akan bermanfaat bagi temen2 yang ingin tau tentang action cam atau yang masih bingung dalam memilih action cam.


Semoga membantu..

13 comments:

  1. mas mau tanya itu bagaimana kalau sjcam,apa wifinya masih sering putus2 atau engga?

    ReplyDelete
  2. gan mau tanya saya pengguna brica alpha edition , saat update firmware sudah mencapai 65% lalu mati bpronya , saya nyalakan gak nyala lagi , tapi saat saya charge nyala lampu merah aja , tindakan saya apa nih ?
    apa saya harus klaim garansi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini harus klaim garansi deh karena gagal update biar di install ulang kembali firmwarenya

      Delete
  3. Gan mau tanya nih.. lock water case saya rusak, patah gitu di pengaitnya.. ini bisa di claim garansi atau engga yah ?
    Makasih.

    ReplyDelete
  4. Kalau bpro suka ngehang itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak pernah... coba di bawa ke garansikan ajah

      Delete
  5. Wifi Yi di connect kan ke aplikasi sering out, tp kalau video ngga. Tp beli udh dr januari/februari. Bisa di benerin ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah coba di bawa ke tokonya lagi ajah mba , udah coba menggunakan handphone lain?


      Delete
  6. Mas saya beli sj8000 tapi kok buka buka google jarang ada ya, itu palsu atau gimana? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  7. Mas lebih prefer ke mana diantara ketiga itu?
    Kalo saya kasih pilihan yi cam sama bpro 5 ae 2 4k mas pilih mana?

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum,saya mau beli bpro, bagusan mana ya Bpro AE sama BPro AE2 edition II.. Ada yg seri palsu sama asli ga ya? Soalnya saya mau beli online, harganya ada yang 600 an trus 1jt dan 800 rbu..

    ReplyDelete